Home / Kelautan / Drive In Concert Meriahkan Tiga Tahun Kepemimpinan Jefri- Herman

Drive In Concert Meriahkan Tiga Tahun Kepemimpinan Jefri- Herman

86 Kali dibaca
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan Herman Man

Bagikan Halaman ini

Kupang, Suara Flobamora.Com—Peringatan tiga tahun kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore dan Herman Man dirayakan dengan konsep yang berbeda. Perayaan puncak yang berlangsung di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang, Sabtu (22/8) malam itu dikemas dalam konsep kreatif baru yakni drive in concert. Konsep ini sejalan dengan protokol kesehatan yang berlaku dalam mencegah penyebarluasan wabah covid-19.

Warga yang datang ke acara ini membawa mobil masing-masing dan menyaksikan seluruh rangkaian acara dari dalam mobil mereka yang terparkir rapi di lapangan tersebut. Perayaan tia tahun kepemimpinan Jefri- Herman dengan konsep drive in di Kota Kupang ini menjadi yang ketiga di Indonesia dan yang ketujuh di wilayah Asia Tenggara.

Jefri dan Herman mengapresiasi konsep drive in sebagai kreativitas kaum muda yang sesuai dengan protokol pencegahan covid-19. “Konsep ini merupakan teknologi milenial yang mencegah timbulnya klaster baru,” kata keduanya.

Orang nomor satu dan dua Kota Kupang ini menyebutkan, ada tiga aspek yang menjadi fokus sejak awal masa kepemimpinan yakni pembangunan infrastruktur, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat termasuk di dalamnya pemberdayaan ekonomi.

Catatan Keberhasilan

Jefri menyatakan, selama tiga tahun mereka telah berjuang sungguh-sungguh menata Kota Kupang menjadi lebih baik. Salah satunya dibuktikan dengan kondisi Kota Kupang saat ini yang jauh lebih terang benderang karena lampu jalan dan taman-taman kota yang tertata baik dengan tampilan yang lebih modern. Demikian pula dengan pembangunan trotoar dan drainase.

Selain pembangunan infrastruktur yang mengalami perubahan luar biasa, menurutnya salah satu kunci keberhasilan kepemimpinan ada pada pelayanan publik yang jauh lebih baik terutama di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) lewat gebrakan pelayanan 24 jam serta di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dengan layanan perizinan yang lebih cepat dan mudah.

Sementara mengenai pemberdayaan masyarakat, mereka menyadari masih banyak warga Kota Kupang yang butuh uluran tangan dari pemerintah. Karena itu sejumlah program bantuan dari dana APBD telah dirancang mulai dari beasiswa, bantuan seragam, alat tulis dan tas, bantuan kaca mata, bedah rumah serta sejumlah bantuan lainnya.

Jefri dan Herman menyadari keberhasilan mereka saat ini juga berkat dukungan dari banyak pihak. Karena itu pada moment HUT tersebut mereka menyampaikan terima kasih kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan DPRD Kota Kupang yang telah berperan sebagai mitra yang selalu memberi dukungan secara positif. Terima kasih juga disampaikan kepada tim percepatan pembangunan Kota Kupang, yang salah satu anggotanya adalah Wali Kota Kupang periode 2007-2012, Daniel Adoe yang turut hadir dalam perayaan puncak HUTketiga Jefri- Herman.

Jefri dan Herman juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat Kota Kupang yang telah mendoakan serta mendukung semua upaya mereka membangun kota ini. Mereka berharap dukungan tersebut bisa terus dijaga untuk mensukseskan sejumlah program prioritas di sisa masa kepemimpinan mereka. Tak lupa pada momen spesial tersebut, Jefri- Herman juga berterimakasih kepada seluruh ASN lingkup Kota Kupang yang telah bersama mereka berjuang mewujudkan Kota Kupang yang lebih baik. Salah satunya dibuktikan dengan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kupang Tahun 2019.

“Ini merupakan buah dari kerja yang sungguh-sungguh dari para ASN di Pemkot Kupang,” tandas Jefri.

Tuntaskan PR

Tentang rencana di dua tahun masa kepemimpinan mereka yang tersisa, Jefri menyampaikan beberapa hal akan menjadi perhatian mereka antara lain upaya menghijaukan Kota Kupang. untuk itu dia mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk para tokoh agama untuk mendukung Pemkot Kupang dalam program Kupang Hijau. Hal lain yang jadi perhatian serius mereka di dua tahun tersisa adalah soal pemenuhan air bersih. Untuk urusan ini Pemkot Kupang mendapat dukungan dana yang cukup besar dari pemerintah pusat dan dalam waktu dekat pekerjaan itu akan dimulai.

Selain itu, berkat lobi dan komunikasi baik yang selama ini terjalin, pemerintah pusat juga telah menggelontorkan sejumlah dana untuk penataan trotoar dan drainase, lampu jalan serta taman. Bahkan jika data-data tersedia, pemerintah pusat bersedia membantu 33.000 warga kurang mampu yang ada di Kota Kupang.

Herman menambahkan, di sisa waktu dua tahun kepemimpinan, mereka akan mendorong perangkat daerah di lingkup Kota Kupang untuk bekerja lebih cepat (faster), bermutu (better) dan lebih hemat biaya (cheaper) tentunya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mereka juga tidak menutup diri terhadap kritik dan saran.

“Justeru kritikan dan masukan memicu kami untuk terus berubah menjadi lebih baik,” tandas Herman.

Tanda Tangan MoU

Pada moment puncak peringatan tiga tahun kepemimpinan itu, Wali Kota, Jefri Riwu Kore juga berkesempatan menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang dan Stikom Uyelindo Kupang. Juga melaunching aplikasi pendaftaran di puskesmas secara online serta menandatangani secara simbolis prasasti untuk 17 taman di Kota Kupang.

Selain itu ada juga penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba-lomba, antara lain lomba jurnalistik, lomba video documenter serta lomba tik tok. Di kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Riwu Kore Manafe juga berkesempatan menyerahkan hadiah dan piala bagi juara lomba karang taruna.//sf (**/gusto)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini