Home / Lintas Flobamora / Hari Ini PKB NTT Gelar Muswil VI

Hari Ini PKB NTT Gelar Muswil VI

63 Kali dibaca
Ketua DPW PKB NTT, Yucundianus Lepa, serta Ketua dan Wakil Ketua Panitia Muswil PKB VI, Ana Waha Kolin dan Anton Timo di Sekretariat PKB NTT, Jumat (15/1/2021)

Bagikan Halaman ini

Kupang, Suara Flobamora.Com—Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (16/1/2021) menyelenggarakan musyawarah wilayah (Muswil) VI dengan agenda penataan dan penyeragaman masa bhakti kepengurusan lima tahun mendatang.

Ketua DPW PKB NTT, Yucundianus Lepa mengatakan, dalam forum muswil ini, ada empat kader terbaik PKB akan merebut posisi ketua PKB NTT masa bhakti lima tahun ke depan. Empat calon yang diwacanakan dimaksud yakni Yucundianus Lepa, Aloysius Malo Ladi (Sekretaris DPW PKB NTT), Ana Waha Kolin (unsur perempuan), dan Daniel Hurek (unsur Dewan Pimpinan Cabang/DPC).

“Beberapa kader terbaik ini coba kita wacanakan dan persiapkan sebagai bentuk kaderisasi. Namun belum diketahui, apakah sejumlah nama yang diwacanakan ini sudah memenuhi standar minimal sesuai ketentuan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB,” kata Yucun di Sekretariat DPW PKB NTT di Kupang, Jumat (15/1/2021).

Menurutnya, proses pemilihan ketua dalam forum muswil VI dimaksud tidak terlepas dari monitoring dan evaluasi (monev) yang telah digelar beberapa waktu lalu di Kupang yang juga dihadiri utusan DPP PKB. Hasil monev yang telah dilaksanakan itu merupakan salah satu indikator dalam penetapan ketua DPW PKB NTT.

“Apalagi selama ini, DPP PKB melakukan penilaian terhadap kinerja DPW dan DPC se-NTT, sehingga DPP sudah memiliki gambaran tentang kader yang memenuhi syarat minimal untuk didorong menjadi ketua DPW PKB NTT,” ungkap Yucun.

Menjawab soal kemungkinan dirinya terpilih lagi secara aklamasi untuk memimpin PKB NTT, Yucun berargumen, belum mengetahuinya. Karena hingga saat ini, dirinya belum mendapat informasi bila didukung mayoritas DPC dan memenuhi syarat minimal penilaian DPP.

“Tapi kalau memang terpilih secara aklamasi, itu juga merupakan bagian dari proses demokrasi karena muswil bukan satu- satunya penentu pemilihan ketua,” ujar Yucun.

Mantan anggota DPRD NTT ini menjelaskan, forum muswil yang akan digelar itu akan membahas dan menyusun program kerja lima tahun ke depan. Selain itu, menghasilkan kepemimpinan lokal dan regional. Sehingga tidak tabu jika PKB sudah mulai menyebut nama bakal calon presiden, bakal calon gubernur NTT, dan bakal calon bupati/wali kota untuk pesta demokrasi yang digelar beberapa tahun mendatang.

“Di saat partai lain masih diam, PKB sudah mulai gulirkan sejumlah nama untuk pemilu presiden serta pilkada provinsi dan kabupaten/kota termasuk menyusun daftar caleg untuk pemilu legislatif 2024,” tegas Yucun.

Ketua Panitia Muswil VI PKB NTT, Ana Waha Kolin menyampaikan, mekanisme yang berlaku di PKB, tidak ada pendaftaran calon ketua DPW. Mekanismenya diatur tersendiri sesuai penilaian dan evaluasi yang dilakukan DPP selama ini. Sehingga belum bisa diketahui secara pasti nama-nama calon ketua.

Menyinggung namanya juga diusulkan menjadi salah satu calon ketua, anggota DPRD NTT ini menyatakan, sebagai kader partai dirinya siap menjadi ketua. Namun akan diketahui dalam forum muswil.

“Sebagai kader partai saya pasti siap dan kalaupun tidak terpilih, tidak membuat saya kecewa karena bagian dari proses demokrasi,” kata Ana.

Ia menambahkan, setiap peserta muswil VI wajib mengantongi hasi l rapid antigen. Untuk memudahkan dan membantu peserta, panitia mendatangkan dokter untuk melakukan rapid antigen di lokasi muswil. //sf (**/red)

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini